Manajemen Perkantoran
Minggu,
21 Maret 2021
~ Oleh Administrator ~ Dilihat 3000 Kali
Kompetensi keahlian manajemen perkantoran mengajarkan siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, agar dapat secara efektif mengelola tugas administratif dalam mendukung operasi perkantoran. Dalam hal ini, siswa diajarkan tentang dasar-dasar manajemen perkantoran, keterampilan komunikasi bisnis, pengelolaan waktu, keahlian teknologi dan komputer, manajemen arsip dan dokumentasi, pelayanan pelanggan, etika profesional dan kode etik bisnis, penggunaan peralatan kantor, serta kewirausahaan.
Lulusan kompetensi keahlian manajemen perkantoran dapat menemukan peluang di berbagai sektor. Keterampilan administratif, keterampilan komunikasi, dan kemampuan manajemen yang baik membuat mereka sangat fleksibel di banyak bidang pekerjaan. Misalnya: sekretaris profesional, staf kantor, arsiparis, resepsionis, administrator, pengusaha, dsb.
Kompetensi Keahlian Manajemen Perkantoran juga melakukan kemitraan dengan beberapa instansi pemerintahan daerah dan Du/Di (Dunia Usaha dan Industri) untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa melalui program magang atau PSG/PKL, seperti Kantor Kabupaten, Kantor DPRD, Kantor Kecamatan/Kelurahan, Kantor Cabang Dinas Pendidikan, Kantor Notaris, hingga dunia industri seperti PT. Tjiwi Kimia dan PT. Pakerin. Program magang atau PSG/PKL ini dilaksanakan selama ±6 bulan, agar siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dunia kerja.
Dengan demikian, lulusan keahlian manajemen perkantoran diharapkan menjadi profesional yang siap bekerja dan dapat memberikan kontribusi positif di berbagai bidang industri.
Visi:
"Menjadi pusat unggulan dalam pengembangan kompetensi keahlian manajemen perkantoran yang menghasilkan lulusan berintegritas, profesional, dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional."
Misi:
- Memberikan pendidikan manajemen perkantoran yang berkualitas dengan kurikulum yang relevan dan mengikuti perkembangan terkini di dunia industri.
- Mengutamakan pengembangan keterampilan praktis, untuk mempersiapkan lulusan menjadi profesional yang siap bekerja.
- Membangun karakter lulusan yang berintegritas tinggi dan memiliki etika kerja yang kuat, sehingga dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan dan masyarakat.
- Menyediakan pengalaman praktis melalui magang, proyek lapangan, atau kolaborasi dengan industri sehingga lulusan memiliki pemahaman yang mendalam tentang tantangan dunia kerja.
- Mengembangkan kemitraan erat dengan industri dan perusahaan, untuk memastikan relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja, serta memberikan peluang bagi siswa untuk berinteraksi langsung dengan profesional industri.
Mitra Kerja Tempat Praktik Kerja Lapangan (Prakerin)
- BKKBN
- Kantor Notaris
- Kelurahan
- Pemkab
- Koperasi
- PT. TJiwi Kimia,Tbk
Jabatan dan Lingkup Pekerjaan Lulusan
- Sekretaris Junior
- Petugas Administrasi
- Arsiparis/Agendaris
- Petugas Perpustakaan
- Resepsionis
- Operator telepon, faximile
- Operator komputer
- Petugas humas/keprotokolan
- Wirausaha Mandiri (entrepreneur)
Fasilitas
Fasiltas ruangan dilengkapi ruang lab yang memiliki peralatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan pratikum meliputi telepon, komputer, note serta perlengkapan lainnya.
Kegiatan Pembelajaran
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran pihak sekolah mengadakan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kerjasama dengan DUDI dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk bekerja, menambah wawasan, dan pengetahuan. Selain itu setelah siswa menempuh kegiatan ini diharapkan siswa dapat lebih terampil dalam bekerja dan membentuk karakter, mandiri, percaya diri, serta mampu berkomunikasi yang baik.
prakerin (PKL)